Oleh: Ariya Ilham | 26 Juli 2009

Pentingnya Kemajuan Pandidikan Indonesia

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam majunya suatu kualitas kehidupan. Karena dengan Pendidikan maka ketidaktahuan yang merupakan cermin kebodohan dapat diberantas. Peran pemerintah sangat penting dalam menerapkan sistem dan tujuan yang ingin di capai dari proses pendidikan tersebut. Jangan sampai pemerintah lalai dalam memenuhi pendidikan untuk setiap warga negaranya yang membutuhkan pengetahuan dan informasi yang seluas-luasnya.

Disinilah pentingnya esensi pendidikan, dimana faktor utama pengembangan pola pikir harus ditentukan agar tujuan untuk memajukan pengetahuan rakyat dan warga negara dapat terlaksana. Untuk saat ini sangat baik apabila merubah paradigma bahwa pendidikan harus diberikan secara formal, dengan ketentuan yang diatur oleh pemerintah dengan mencantumkan atribut-atribut tertentu kepada peserta didik demi kesetaraan dan identitas peserta didik atau pelajar untuk dikatakan sebagai pelajar.

Sudah saatnya pemerintah lebih menekankan kualitas pendidikan dengan memberikan akses seluas-luasnya kepada pemikiran peserta didik serta kemandirian untuk memperoleh segala informasi dengan tujuan membangun pendidikan. Sudah tidak jamannya lagi mengekang pemikiran siswa ataupun pelajar dalam menjawab ataupun mengeksplorasi segala pengetahuan yang ada di dunia.

Harus secara fair dikatakan bahwa kualitas seekolah yang satu dengan yang lain itu berbeda dan jika memang itu terjadi maka pemerintah melalui kewenanganya harus secara cermat dan tepat menanggulangi masalah tersebut agar peserta didik mampu bersaing dan berkompetisi satu sama lain. Ini berarti bahwa kualitas pengajar harus diperhatikan juga terutama dalam metode pengajaran dan penyampaian materi pada peserta didik(siswa/pelajar). Hal ini beralasan karena setiap sekolah yang ada di negeri ini terutama sekolah negeri memiliki rengking(rank/grade) untuk sekolah tertentu untuk dikatakan unggulan. Ini berarti bahwa terdapat ketidakseimbangan antara sekolah yang satu dengan yang lain, oleh karena itu pemerintah dalam hal fasilitas ataupun metode pengajaran yang dilakukan oleh para guru-guru harus diadakan pemerataan. Ada baiknya jika pemerintah memberlakukan suatu ketentuan yang memotifasi guru maupun peserta didik untuk belajar secara efisien dan maksimal. Ini berarti bahwa pemerintah berperan penting dalam hal mengakomodasi kerjasama antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lain dengan tujuan memajukan kualitas pendidikan di Indonesia agar lebih maksimal dan mencakup seluruh pelosok negeri.

Kemudian jangan menjadikan rangking ini sebagai ajang untuk persaingan yang kemudian menyimpang kepada hal yang lebih mengagung-agungkan sekolah tertentu dan membelakangi sekolah-sekolah lain yang tertinggal. Ada baiknya pemerintah dengan kewenangan yang dimiliki memfasilitasi seluruh sekolah yang anda dengan pengertian bahwa sekolah unggulan menjadi suatu contoh untuk ditiru dan sekolah unggulan memiliki kewajiban untuk memberikan pengarahan dan masukan mengenai metoda pembelajaran yang telah dilakukan.

Memang secara geografis dan budaya setiap sekolah berbeda akan tetapi jika setiap permasalahan mau dibicarakan secara bersama dan mengesampingkan kepentingan individu dan kelompok maka pendidikan dengan tujuan memberantas kebodohan dapat dilakukan secara maksimal sehingga wujud kesetaraan warga negara dalam memperoleh pendidikan dapat terpenuhi.

Semoga pemerintah dan pihak terkait maupun masyarakat mau untuk saling bekerjasama demi pendidikan di Indonesia agar lebih maju dan lepas dari ketertinggalan dari bangsa lain. Karena pada dasarnya tidak ada orang bodoh di dunia ini.

Semoga informasi ini bermanfaat atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: