Oleh: Ariya Ilham | 17 Agustus 2009

Persiapan Ramadhan

Tak terasa beberapa hari lagi kita akan kedatangan tamu suci bulan “Ramadhan”. Pertanyaan bagi kita apa yang sudah kita persiapkan untuk menyambut tamu agung nan suci itu???? Rasullulah saja mempersiapkan diri sejak 6 bulan sebelum Ramadhan tiba. Seharusnya kita juga seperti itu.

Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan dalam menyambut Ramadhan, diantaranya:

1. Pengkondisian Ruhiyah

Persiapan ruhiyah adalah yang terpenting. Jangan sampai kenikmatan Ramadhan baru kita rasakan ketika di akhir-akhir Ramadhan. Mulai sekarang, saatnya memperbaharui dan meningkatkan keimanan kita dengan qiyamullail, tilawah, zikir, dan amalan-amalan sunnah lainnya.

2. Menjaga amal terbaik

Pada zaman Rasul, sahabat-sahabat beliau punya amalan terbaik masing2 mereka sesuai dengan kemampuan dan dilakukan terus-menerus. Bilal bi Robba contohnya, punya amalan berupa tidak pernah ketinggalan dalam sholat 2 rakaat setiap selesai wudlu. Kita jugaharus mengupayakan amalan terbaik kita dengan cara menyempurnakannya dan menularkanya kepada orang lain. Agar amal tersebut menjadi karakter kita, harus banyak berlatih. Apalagi untuk menyambut Ramadhan, perbanyak latihan shaum dan qiyamullail serta ibadah yang lain.

3. Persiapan fikriyah

Suatu amal tidak lengkap jika tidak diawali dengan ilmu. Oleh karena itu, mulai sekarang programkan untuk membaca seputar ibadah Shaum Ramadhan (fikih shaum, dll). Baik dari buku2 ataupun majalah bahkan dari internet juga bisa.

4. Persiapan Jasad

Persiapan jasad juga jangan kita lupakan. Kita harus menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan yang sehat dan seimbnag serta olahraga yang teratur. Agar tubuh kita tidak kaget untuk shaum di bulan Ramadhan, perbanyak latihan shaum sunnah di bulan Rajab & Sya’ban.

5. Persiapan Maal (harta)

Sebaiknya, sebelum Ramadhan tiba kita sudah memiliki perbekalan maal yang cukup. Sehingga waktu kita lebih di fokuskan untuk ibadah. tapi hal ini dirasa agak sulit, bagi orang yang bekerja di perusahaan2 yang rute waktu kerjanya tidak berubah walaupun di bulan Ramadhan. Walaupun kerja juga adalah ibadah tapi harus bertekad memperbanyak taqaarrub ilallh di bulan Ramadhan. Kesiapan maal juga membantu kita agar banyak bersedekah di bulan Ramadhan yang pahalanya berlipat ganda.

Selain itu, kita juga persiapkan target-target yang ingin kita capai di Ramadhan nanti. Agar Ramadhan kita jalani dengan baik sesuai dengan target yang kita inginkan. Misalnya khatam al-qur’an, hafalan qur’an, dll.

Semoga Ramadhan nanti adalah Ramadhan terindah dan terbaik dalam hidup kita.


Tanggapan

  1. post yang menarik dan bagus..

    • Ok..
      Makasih…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: