Oleh: Ariya Ilham | 1 Agustus 2009

Keagungan Rasulullah

Allah Ta`ala berfirman, “Dan sesungguhnya engkau (Yaa Muhammad ) memiliki Akhlaq yang luhur.”

Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan Akhlaq.” Dan sabdanya SAW, “Aku dididik adab oleh Allah maka baguslah adabku.”
Rasulullah memiliki adab dan akhlaq yang mulia. Bahkan akhlaq beliau adalah sumber dari segala kemuliaan. Dikatakan “Tidaklah ada akhlaq yang terpuji yang dimiliki manusia kecuali bersumber dari Rasulullah SAW sebaik baik wujud.” (Habib Ali Habsy simthud durar)

Apa sajakah akahlak Rasulullah? Sifat sabar SAW, zuhud, rahmat, tawadhu`, murah hati, khusyu`, haibah, dan lain-lain yang tak mampu disebutkan oleh orang orang yang hendak memujinya.
“Sungguh aku telah berusaha memuji seorang Rasul yang sifat-sifat nya menghidupkan hati dan menggetarkan sanubari.
Sedangkan Allah Ta`ala telah memuji beliau. Maka apalah arti pujian kita dibanding dengan pujian-Nya Ta`ala. Akan tetapi rasa cinta di sanubari telah memanggilku untuk memuji Hamba pilihan Allah Ta`ala.” (Dhiyaau laami` )
“Sesungguhnya kemuliaan Rasulullah SAW tidak ada batasnya dan sulit untuk diibaratkan dengan kalimat dari mulut.” (Burdah)
“Wahai bulan purnama yang memiliki segala kesempurnaan. Dapatkah kata-kata mengibaratkan tentang ketinggianmu?” (Ad Diiba`i)
“Kulihat semua pujian tentang Nabi SAW muqosshir (kurang) walaupun mereka telah memanjangkan pujiannya. Apabila Allah telah memujinya dengan keahlian-Nya, maka apalah bandingannya dengan pujian manusia.” (Ibn Al Faaridh).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: